Sabtu, 14 Juni 2014

Quasar dan Blazar

Download versi PDF
Inti galaksi ditenagai oleh lubang hitam (black hole) super kuat di pusatnya, sehingga bisa menahan materi dan bintang-bintang berada di galaksi itu. Beberapa galaksi, intinya memancarkan energi yang besar. Inti yang memancarkan energi ini disebut inti galaksi aktif atau active galactic nuclei (AGN). Saat inti galaksi mengakresi materi di sekitarnya, materi tersebut berputar semakin cepat dan semakin panas, sehingga melepaskan sejumlah cahaya dan energi di kutub-kutubnya. Energi ini disebut jet kosmik.

http://www.news.utoronto.ca/sites/default/files/Quasar_Graham_11_12_5.jpg

Quasar merupakan salah satu dari AGN. Quasar merupakan kepanjangan dari Quasi Stellar Radio Source. Disebut radio source karena pada awal ditemukannya, quasar terlihat sangat terang jika diamati dengan menggunakan teleskop radio, sehingga dapat dikatakan quasar memancarkan gelombang radio yang sangat besar. Namun, saat ini diketahui bahwa tidak semua quasar memancarkan gelombang radio, sehingga namanya menjadi Quasi Stellar Object (QSO). Namun, nama quasar tetap sering dipakai.

Semua quasar berada pada jarak yang sangat jauh. Hal ini dapat diketahui melalui pergeseran merahnya (redshift) yang besar, sehingga kecepatan menjauhnya tinggi dan jaraknya semakin jauh. Hal itu didapat dari persamaan v = H x d, dimana v adalah kecepatan menjauh, H adalah konstanta Hubble, dan d adalah jarak objek dari bumi. Dari persamaan tersebut, v sebanding dengan d. Kecepatan gerak menjauh quasar sangat tinggi, mendekati kecepatan cahaya, sehingga jaraknya pun sangat jauh.

Selain quasar, ada yang disebut blazar. Sebenarnya, quasar dan blazar adalah objek dengan ciri yang sama. Perbedaannya hanya pada sudut pandang. Saat dilihat dengan teleskop, quasar terlihat dari sisinya (side-on), sementara blazar terlihat dari mukanya (face-on), sehingga blazar terlihat bundar dari bumi dengan intinya terlihat sebagai jet kosmik yang dipancarkannya sendiri.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Branch